Saturday, November 21, 2020

KELAS 4 TUGAS PEMBELAJARAN 1

3:20 AM

 Raden Sudirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga. Beliau terlahir dari keluarga sederhana dengan ayah bernama Karsid Kartawiuraji yang merupakan seorang mandor tebu di pabrik gula Kalibangor. Dan ibunya bernama Siyem. Kedua orang tua Sudirman memiliki cita-cita agar anaknya mendapatkan masa depan yang lebih baik. Tentu, harapannya itu dapat dicapai jika anaknya tersebut mendapat kehidupan dan pendidikan yang baik pula. Ketika memulai kariernya sebagai pengajar di sekolah dasar dan aktif di organisasi Muhammadiyah.



    Masa Jepang berkuasa di Indonesia pada tahun 1942, membawa dampak yang besar bagi dunia pendidikan. Saat itu, Jepang menutup sekolah tempat Sudirman mengajar dan menjadikannya sebagai pos militer. Sudirman pun bernegosisasi dengan militer Jepang. Walau cukup alot, akhirnya sekolah itu dibuka dan Sudirman dapat tetap mengajar dengan fasilitas yang sangat dibatasi. Bahkan, semua kegiatan belajar disana selalu diawasi oleh Jepang.

TUGAS!! Tulislah pada hvs!

1. Apa yang dibahas pada teks di atas?

2. Di mana Jenderal Sudirman dilahirkan?

3. Kapan Jenderal Sudirman dilahirkan?

4. Apa nama organisasi yang diikuti oleh Jenderal Sudirman?

5. Siapa musuh Jenderal Sudirman pada masa itu?


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 RUANG ILMU. Designed by Blogger Templates

Back To Top