Wednesday, October 14, 2020

Tugas Aman, Kuota Aman! Cara Cepat Upload Tugas, Mengintip Tugas, dan Materi Lewat Aplikasi SIDIKMU!

6:46 PM

 

    Hallo Ayah Bunda! Salam hangat. Pembelajaran di masa pandemic covid-19 ini memang dirasakan berat. Baik guru, siswa, terlebih orang tua. Guru di sekolah semaksimal mungkin mengajar dengan jarak jauh. Tugas guru seolah dua kali lipat dan berkutat pada handphone mulai pagi, hingga siang, bahkan sampai malam. Contohnya Mimin hehe.

    Dari Muhammadiyah, sebagian sekolah menggunakan aplikasi SIDIKMU. Apa itu SIDIKMU? SIDIKMU ialah aplikasi berbasis android yang berisi tentang pembelajaran materi, tugas, bahkan ulangan harian yang tersusun komprehensif dan sistematis. Aplikasi ini dapat diunduh melalui playstore, ataupun website jika kapasitas memori ayah bunda tidak cukup memadai. Langsung saja kita intip cara kerja SIDIKMU secara berurutan.

    Bagaimana melihat materi? Materi secara otomatis akan keluar bersamaan dengan notif. Pastikan masuk akun SIDIKMU dulu, ya. Jika tidak ada notif, boleh mengintip pada aplikasi langsung. Contoh sebagai berikut.

  • Pilih dan klik menu E-Learning.👇



  • Selanjutnya tampilan akan berubah, mana yang akan kita klik? Ikuti langkah selanjutnya! 👇

Tampilan berubah, pilih dan klik garis 3 pada pojok kanan sesuai arah panah. Lihat di bawah!👇



  • Pilih dan klik sesuai mata pelajaran pada hari itu, ya. Berikutnya akan tampil begini pemirsa. 👇 


  • Anda bisa memilih baca seleangkapnya sesuai pada panah dan melanjutkan materi yang disampaikan bu guru.
Itu adalah contoh membuka materi di SIDIKMU. Mudah, kan?  Next lanjut kita mau buka mengupload tugas pada menu SIDIKMU. Ini juga anti ribet! Langsung saja!
Kembali ke menu pusat!
Silahkan membuka e-learning. Pilih tugas jika ada. 👇




  • Hingga muncul pilihan tugas sesuai jadwal berikut.👇
Kita pilih Bahasa Indonesia, misalnya sesuai panah. Tentu muncul lagi seperti di bawah ini. 👇

  • Pilih menu pilih file 👆, foto hasil pengerjaan ananda lalu pilih. Maka file akan menransfer.

    Selanjutnya kirim tugas pada menu kirim hasil tugas 👆 pada panah warna biru. Otomatis tugas akan terupload dengan aman. Hehe!

    Begitulah kira-kira jika kita menggunakan aplikasi SidikMu. Tidak ribet, praktis untuk di sekolah-sekolah dasar dan tidak membuat anak kesulitan. Menggunakan google seperti classroom juga belum tepat untuk sekolah dasar karena belum sepraktis SIDIKMU. Muhammadiyah terus berinovasi dengan berbagai cara di masa pandemi covid-19 agar pembelajaran berjalan sempurna dan maksimal. Perbaikan demi perbaikan terus dilakukan kami selaku guru di lembaga persyarikatan Muhammadiyah khususnya. Terus berpikir bagaimana cara agar belajar lebih sistematis, efesien, tidak memberatkan orang tua, dan memudahkan siswa di tengah keterbatasan yang tidak dapat kita prediksi kapan berakhirnya.

    SIDIKMU lebih bisa hemat kuota karena aplikasinya ringan. Bisa membuka lewat website tetapi sama caranya dengan membuka google biasa. Tarif kuota juga saya rasa tidak memberatkan jika harus menonton video terus-menerus. Memang video lebih maksimal, akan tetapi bagi orang tua terasa berat di kantong. Apapun itu selagi kita niat karena Allah, pasti ada jalan. Seperti kata pepatah banyak jalan menuju Roma. Melalui SIDIKMU, keamanan anak memakai gadget terjamin. Sering terjadi kasus ketika anak browsing mencari jawaban, kadang salah membuka sehingga muncul iklan vulgar yang seharusnya tidak mereka tonton. Usia mereka masih sangat rentan untuk melihat gambar vulgar yang tidak senonoh. Ini juga akan meresahkan para orang tua. SIDIKMU memiliki kontrol keamanan yang luar biasa untuk itu. Jadi tidak ragu jika kita menggunakannya.

Bagaimana ayah bunda? Sampai sini apakah paham mengapa menggunakan SIDIKMU lebih aman, sistematis, praktis? Buktikan sendiri saja.

Salam pendidikan dan tetap semangat!

 

Lila Anggraini

 

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 RUANG ILMU. Designed by Blogger Templates

Back To Top