Tuesday, March 22, 2016

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Lebah Madu

5:58 PM

Sebagian orang tentu takut pada lebah karena dia mampu menyerang siapa saja, dan menyengatnya. Namun, tidak jarang orang mengambil risiko terjatuh dari pohon atau disengat lebah hanya untuk mendapat sarang lebah dengan cara memanjat pohon kemudian mereka membakar sarang dengan obor agar lebah pergi meninggalkan sarangnya. Sarang lebah yang telah ditinggalkan oleh lebah dimanfaatkan orang untuk diambil madunya atau diambil sarangnya beserta anak lebah sebagai obat kuat.

8 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Lebah Madu Untuk Menambah Ekonomi

Dengan cara seperti itu lebah menjadi jera atau keturunan lebah terputus dari koloni (kelompok) lebah tersebut. Alangkah baiknya jika lebah tersebut dipelihara dan dibudidayakan sehingga dapat diperoleh beberapa manfaat atau keuntungan, seperti berikut :
  1. Jika Anda mendapat lebih banyak koloni lebah, berarti Anda akan mendapat lebih banyak madu, lilin, dan tepung sari.
  2. Banyaknya madu yang diperoleh tentu akan meningkatkan pendapatan keluarga Anda.
  3. Madu yang diproduksi merupakan makanan yang baik bagi anak-anak, orang-orang sakit atau orang-orang yang melakukan pekerjaan berat.
  4. Bila tidak ada gula pasir, madu pun dapat digunakan sebagai penggantinya.
  5. Dalam keadaan darurat, madu pun dapat digunakan sebagai obat luka.
  6. Jikalau melebur sarang lebah, Anda akan memperoleh lilin yang murni. Lilin dapat digunakan pada saat membatik atau dijual sebagai bahan kosmetik.
  7. Lebah yang Anda pelihara akan membantu penyerbukan tanaman. Ini akan berakibat produksi tanaman Anda akan meningkat.
  8. Anda dapat menghindari lebih besar risiko terjatuh akibat tersengat lebah atau terjatuh dari sebatang pohon.

Syarat-Syarat Beternak Lebah
Setelah mengetahui manfaat yang akan anda peroleh dari beternak lebah, akan lebih baik jika Anda menganggap beternak lebah sebagai suatu hobi yang menarik atau sebaliknya sebagai suatu usaha untuk menambah penghasilan atau sebagai mata pencaharian utama. Sarang serta perlengkapan lain tentunya harus Anda persiapkan guna budi daya serangga ini.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 RUANG ILMU. Designed by Blogger Templates

Back To Top