Tuesday, October 20, 2020

Ini Dia Tips Menulis Resensi !

2:57 AM

 Halo Sosas, Sobat Sastraku. Membaca sastra itu ya bener-bener bikin lupa diri, kadang nggak kerasa udah dapet banyak halaman aja. Pokoknya seneng banget sudah. Nah dalam dunia sastra ada yang namanya itu kritik sastra. Kritik sastra ialah menilai memberi apresiasi terhadap karya sastra. Salah satu yang termasuk kritik sastra itu resensi. Resensi adalah menuliskan isi buku menyertakan kelemahan dan kelebihan buku. Nah bagaimana caranya tulis resensi biar diterima dosenmu dan diterima dosen? Yuk cek.


1. Beri gambar buku yang akan diresensi.
2. Langsung aja tulisin judul buku kayak gini Gengs. Contoh ya.
Judul Buku       : Kambing dan Hujan
Penulis              : Mahfud Ikhwan
Penerbit             : Bentang Pustaka
Tahun Terbit     : 2018
Cetakan             : pertama
Tebal                 : 388 halaman

3.  Paragraf pertama kasihlah prolog seperti pembukaan, apa yang kamu ketahui sedikit saja tentang judul buku yang berkaitan. Bisa kurang dari 75 kata kok.
4. Ceritakan secara singkat isi buku, bisa manfaat alur buku. Kalo buku nonfiksi bisa isinya secara singkat misal perbab inti saja. Kalo fiksi bisa ditulis alur atau jalan cerita, kemudian pesan atau amanat yang ada. Sebanyak dua paragraf.
5. Selajutnya, kalian bisa ini menuliskan kelebihan dan kelemahan buku. Bisa jadi bahasanya terlalu sulit, jalan ceritanya terlalu rumit. Pokoknya kelemahan dari segi tata bahasa, atau ending yang menggantung misalnya.
6. Terakhir tuliskan dan ajaklah pembaca resensi untuk membaca buku tersebut juga dengan beberapa alasanmu yang masuk akal.
Itulah beberapa trik dari aku. Dulu pernah tulis resensi buku, yang bener hanya 7 orang dari 40 mahasiswa, alhamdulillah masuk ke dalam 7 terbaik itu. Selamat mencoba, ya Sobat Sosasku.


Sekian dulu ini, yuk ngopi dulu!

Lila Anggraini

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 RUANG ILMU. Designed by Blogger Templates

Back To Top